Rabu, 18 Mei 2016
Share this Article on :
  INPUT device
Input adalah hardware yang digunakan untuk mentranser data atau perintah kedalam komputer untuk diproses lebih lanjut. input ini berungsi untuk mempermudah user untuk melakukan pekerjaan
Di bawah ini merupakan contoh input sederhana yang paling sering di gunakan user :

a.keyboard
Papan ketik (bahasa Inggris: keyboard) atau kibor adalah peranti untuk mengetik atau memasukkan huruf, angka, atau simbol tertentu ke perangkat lunak atau sistem operasi yang dijalankan oleh komputer.
Papan ketik terdiri atas tombol-tombol berbentuk kotak dengan huruf, angka, atau simbol yang tercetak di atasnya. Dalam beberapa sistem operasi, apabila dua tombol ditekan secara bersamaan, maka akan memunculkan fungsi khusus atau pintasan yang telah diatur sebelumnya.
 Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard yang digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization).

b.mouse
Tetikus atau yang lebih dikenal dengan nama mouse adalah alat yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer selain papan ketik. Tetikus memperoleh nama demikian karena kabel yang menjulur berbentuk seperti ekor tikus.
Tetikus pertama kali dibuat pada tahun 1963, berbahan kayu dengan satu tombol. Model kedua sudah dilengkapi dengan 3 tombol. Pada tahun 1970, Douglas Engelbart memperkenalkan tetikus yang dapat mengetahui posisi X-Y pada layar komputer, tetikus ini dikenal dengan nama X-Y Position Indicator (indikator posisi X-Y).
Bentuk tetikus yang paling umum mempunyai dua tombol, masing-masing di sebelah kiri atas dan kanan atas yang dapat ditekan. Walaupun demikian, berbasis biasanya menggunakan tetikus satu tombol.
Tetikus bekerja dengan menangkap gerakan menggunakan bola yang menyentuh permukaan keras dan rata. Tetikus yang lebih modern sudah tidak menggunakan bola lagi, tetapi menggunakan sinar optikal untuk mendeteksi gerakan. Selain itu, ada pula yang sudah menggunakan teknologi nirkabel, baik yang berbasis , sinar inframerah, maupun bluetooth.
Saat ini, teknologi terbaru sudah memungkinkan tetikus memakai sistem  sehingga resolusinya dapat mencapai 2.000 titik per (dpi), bahkan ada yang bisa mencapai 4.800 titik per inci. Biasanya tetikus model ini diperuntukkan bagi penggemar.

C.Light Pen
Sebuah pena cahaya adalah dalam bentuk sebuah tongkat yang sensitif terhadap cahaya digunakan bersama dengan komputer TV. It allows the user to point to displayed objects, or draw on the screen, in a similar way to a  but with greater positional accuracy. Hal ini memungkinkan pengguna untuk menunjuk ke objek yang ditampilkan, atau menggambar pada layar, dengan cara yang sama dengan tapi dengan akurasi posisi yang lebih besar. A light pen can work with any CRT-based display, but not with screens (though Toshiba and Hitachi displayed a similar idea at the "Display 2006" show in Japan  ), projectors and other display devices. Sebuah pena cahaya dapat bekerja dengan display berbasis CRT, tapi tidak dengan layar (meskipun Toshiba dan Hitachi ditampilkan ide yang sama di "Display 2006" menunjukkan di Jepang
D. Joy Stick dan Games Paddle
Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yg akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.

E. BARCODE
Sebuah barcode optik adalah perwakilan data, yang menunjukkan data-data tertentu pada produk tertentu. Originally, barcodes represented data in the widths (lines) and the spacings of parallel lines, and may be referred to as linear or 1D (1 dimensional) barcodes or symbologies.


Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar